Thursday, March 5, 2015

Bahaya Makan Jeroan

IMG_0585Memang jika kita penikmat makanan seperti Udang, Belut, Gajih kambing, Daging babi berlemak, Siput, Sosis daging, Kepiting, Daging sapi berlemak, Kerang, Keju dan Gajih Sapi, kita juga harus mengetahui apa saja bahaya yang mengancam kesehatan kita. Ya!! Salah satunya adalah kolesterol.
Nah, bagaimana dengan status kolesterol Anda? Saatnya pemeriksaan dini. Pastikan kadar kolesterol total Anda tak melebihi 240 mg/dL (harus diwaspadai 200-239 mg/dL). Jika kadarnya di bawah 200 mg/dL Anda boleh lega karena dianggap normal. Namun jika kadar kolesterol total di atas 240 mg/dL, itu sudah masuk kategori berbahaya, makanya harus dikurangi.

Faktor yang dapat memperparah kondisi pengidap kolesterol diantaranya : Makanan telalu banyak lemak jenuh, seperti mentega, biskuit, dan fast food (makanan siap saji), kelebihan berat badan, Kurang berolahraga, Merokok, Gaya hidup yang tidak sehat, Stress, Diabetes mellitus, Minum kopi berlelbihan, Diet yang salah dan Obesitas.
Cara lain untuk mengatasi kolesterol : Pengaturan pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang rendah lemak, Memperbanyak makanan berserat, Memperbanyak makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti sayur dan buah, Menghindari rokok dan minuman alkohol, Lakukan olahraga secara teratur
Jika tidak mungkin untuk banyak bergerak (aktivitas fisik), siasati dengan pola makan yang tinggi serat. Misalnya serat yang larut seperti agar-agar dan havermut, serat tidak larut, misalnya sayur-sayuran, serta makanan yang mengandung fitosterol (kolesterol alami).
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment