Wednesday, February 11, 2015

TERAPI GELOMBANG OTAK UNTUK KONSENTRASI/FOKUS

Dalam dunia yang semakin modern ini, ada banyak gangguan dan tekanan dalam bidang bisnis, ekonomi, sosial, dan yang lainnya, yang bisa menyebabkan kita kadang-kadang kehilangan konsentrasi dan fokus. Ketika pikiran Anda penuh dengan kekhawatiran, maka hal itu akan memudahkan Anda untuk merasa terganggu. Anda akan sulit untuk fokus dan konsentrasi terhadap apa yang sedang Anda lakukan. Bahkan di waktu senggang, kehawatiran ini dapat menyebabkan jam kerja Anda tidak efisien serta bisa menjadikan kesulitan bagi Anda.
Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Hal ini sudah tidak mengherankan lagi, karena seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman yang semakin cepat menambah tugas dan beban mereka setiap harinya. Mempertahankan untuk bisa berkonsentrasi dan teap fokus sepanjang harinya memang sulit untuk dilakukan, namun jika Anda mampu mengenal faktor-faktor apa saja yang bisa menggganggu diri Anda untuk fokus,  maka bisa saja Anda akan memiliki konsentrasi dan kefokusan yang lebih lama lagi.
Coba Anda perhatikan hal-hal yang menyebabkan hilangnya fokus berikut. Faktor yang mempengaruhi fokus dan konsentrasi antara lain adalah:
  1. Suara-suara mengganggu di sekitar Anda.
  2. Banyak tugas
  3. Kesehatan Anda
  4. Kondisi tubuh dan pikiran Anda,seperti kekhawatiran dan kecemasan
  5. Bosan dan lelah
  6. Stress
  7. Pengaruh obat
  8. Faktor-faktor lingkungan
Untuk menraih kesuksesan saat bekerja, Anda harus mampu tetap fokus pada apa yang sedag Anda kerjakan, walaupun banyak tugas-tugas lainnya yang harus Anda selesaikan. Memang benar, semakin berkembangnya zaman akan menambah beban dan tugas Anda, namun jika Anda mampu untuk tetap fokus, maka Anda pasti bisa menyelesaikannya.
Pertama, Anda harus mencoba untuk menghapus diri sendiri dari pengaruh yang mengganggu. Selalu memberi banyak waktu untuk diri Anda, sehingga Anda dapat mengumpulkan pikiran dan bermeditasi. Kedua, cobalah untuk tidak menyerah pada gangguan eksternal sekitar. Ketika Anda mendengar sesuatu di TV, Anda tidak harus pergi dan menonton, Ingatlah bahwa yang penting adalah untuk menjaga pikiran Anda pada pekerjaan daripada membuang-buang waktu pada gangguan sepele.
Anda harus belajar untuk mendorong diri sendiri untuk membatasi. Jika Anda menemukan konsentrasi Anda berkelana, ambillah nafas dalam-dalam dan perlahan. Ketika Anda mengambil nafas seperti itu, seketika itu juga otak Anda terstimulasi masuk pada frekwensi Low beta. Sekali lagi, ini hal yang sangat sederhana tapi sangat membantu Anda untuk tetap fokus/konsentrasi.
Sulit untuk konsentrasi sangat berhubungan dengan gelombang otak. Seharusnya otak Anda harus terbiasa dan betah bertahan lama dalam kisaran frekwensi High Alpha sampai Low Beta. Kisaran frekwensi ini sangat Anda perlukan biar mampu fokus dan konsentrasi.
Lalu bagaimana Anda dapat melatih otak Anda biar betah bertahan dalam frekwensi High Alpha atau Low Beta? Ada teknik yang mudah untuk Anda, semudah mendengarkan musik. Teknik ini adalah stimulasi gelombang otak atau lebih populer dengan Terapi Gelombang Otak.
Terapi ini berupa audio suara gelombang dalam bentuk CD yang dapat dengan mudah Anda dengarkan.  Anda akan menemukan bahwa setelah penggunaan pertama, Anda akan merasakan keuntungan dan menemukan lebih mudah untuk mencapai keadaan mental yang lebih fokus dan santai.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment